Selasa, 07 Juli 2015

Jurusanku






Mengapa saya memilih teknik industri?


Awalnya saya tidak tertarik dengan teknik industri.Saya dulu tertarik di jurusan manajemen.Karena hobby saya adalah suka dengan perhitungan yang ke arah sosial.Tetapi setelah ibu saya memberi motivasi bahwa teknik industri memiliki prospek yang lebih baik,Saya mulai mencari tahu lebih dalam mengenai jurusan tersebut.Sementara itu saya sangat mengagumi sosok Dahlan Iskan yang pada saat pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono menjadi mentri BUMN.Beliau memiliki ide-ide yang sangat cemerlang yang bisa memberi harapan bagi perindustrian di Indonesia untuk berkembang lebih maju.Inilah salah satu yang dapat memotivasi saya untuk memilih teknik industri sebagai jalan atau wadah yang dapat mewujudkan cita-cita saya.





Apa itu jurusan Teknik Industri?

Jurusan teknik Industri mempelajari banyak hal.Yang dipelajari tidak hanya bab sains saja namun juga sosial.Jurusan ini mengajarkan bagaimana kita bisa membuat segala sesuatu menjadi lebih fisien,dari segi biaya,waktu dll.Hal yang kami pelajari dari teknik industri bukan mengenai teori-teori saja.Tapi bagaimana kita dapat menganalisa dan memecahkan masalah.Pelajaran di Teknik Industri dapat diterapkan di berbagai bidang.



Apa saja yang dipelajari di jurusan ini?

Yang dipelajari di jurusan ini sangat bervariasi dan juga sangat luas.Kita tidak seperti jurusan teknik yang lain yang hanya menghitung dengan menggunakan rumus mutlak,tetapi kita diajarkan juga untuk dapat melihat persoalan dari perspektif yang lebih luas.



Apa skill yang dibutuhkan dalam jurusan ini?

Banyak skill yang dibutuhkan dalam teknik Industri.Tetapi yang paling dominan adalah skill berpikir secara logis Apabila kita memiliki skill berpikir secara logis dan analitis pelajaran teknik industri tidak akan menjadi sulit.



Apa peluang kerja Teknik Industri ?

1.Bidang Produksi/Operasi

                Luusan Teknik Industri sangat dibutuhkan khususnya untuk menengani perencanaan dan pengendalian prouksi,kualitas dan pembangunan.Contoh perusahannya adalah Toyota Astra Motor,PT Rekayasa Industri,PT Krakatau Steel

2.Sistem Informasi

                Lulusan teknik Industri juga dapat menggunakan ilmunya di bidang IT.Posisi yang diduduki biasanya sebagai staff IT,staff dalam pemasangan sistem informasi.Misalnya dalam perusahaan Telkomsel,Oracle,Pertamina.





3.Bidang Logistik Perencanaan

                Bidang logistik perencanaan dan pengelolaan sistem distribusi.Contohnya pada perusahaan Petrokimia dan PT Semen Gresik.

4.Bidang Sumber Daya Manusia

                Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam perusahaan dapat diartikan sebagai bagian pengrekrutan atau bagian personalia.Misalnya pada perusahaan PT Semen Padang dan P&G dll.


Jurusan Teknik Industri di UMM

Jurusan Teknik Industri Program Sarjana Strata 1 berdiri 1995 dan telah meluluskan lebih dari 1250 Sarjana Teknik yang berkarier sebagai Pegawai Pemerintah dan Swasta, Perbankan, Pengusaha.

Jurusan dikelola oleh 15 Dosen yang bergelar Doktor dan Magister. Jumlah mahasiswa aktif kurang lebih 400 mahasiswa. Lulusan Sarjana Teknik Industri dibekali dengan ketrampilan dan keahlian dalam bidang Sistem Industri dan Manajemen Industri

Teknik Industri memiliki Laboratorium Pemrograman dan Aplikasi Komputer, Sistem Manufaktur, Simulasi dan Optimasi Sistem Industri, Perancangan Kerja dan Ergonomi, CIM (Computer Integrated Manufacturing), CAD dan Produksi. Selain itu juga disediakan ketrampilan yang bersertifikasi Internasional yakni Sistem Analisis dan Pengembangan Program (SAP, Systemanalyse und Programmentwicklung)  dan CAD dari AutoDesk Inc.

Dukungan ekstra kurikuler terdiri atas kelompok Desain Produk, Manajemen Pemasaran dan lain-lain.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar